Pembangunan Mushola dan Asrama Putri Pondok Pesantren Madinatul Ilmi 2018


Pesantren merupakan identitas lingkungan yang khas dan unik sebagai sebuah bentuk lembaga pendidikan. Dalam pergaualan sosial dan keseharian pesantren membentuk budaya dan tradisinya sendiri termasuk dalam istilah-istilah bahasa yang digunakan. Ro’an merupakan salah satau bentuk khas dan keunikan istilah yang dimiliki oleh pesantren.

Ro’an mengajarkan prinsip kerja sama dan bahu membahu untuk mencapai sebuah tujuan, dalam hal ini adalah menjadikan lingkungan pesantren bersih. Melalui media inilah para santri mengolah rasa dan belajar peka, serta peduli dengan teman-temanya. Latihan itu secara tidak sadar mereka kerjakan, mereka sadar dengan pembagian tugas masing-masing mulai dari menyapu, mengepel, mebuang sampah dan lain sebagainya.



 Mereka belajar bertanggung jawab atas tugas yang diembannya. 
Banyak sekali pelajaran yang bisa didapat dari kegiatan ro’an bagi para santri sebagai bekal hidup dimasyarakat nanti

Untuk kesekian kalinya, Pondok Pesantren Madinatul Ilmi kembali membangun sebuah bangunan untuk bangunan kali ini yaitu Mushola dan Asrama putri yang di laksanakan pada tanggal 26 maret 2018. Tujuan dari pembangunan  baru ini adalah agar kelak meminimalisir kurangnya tempat bagi santri yang mukim juga sebagai bekal kelak Penerimaan Santri Baru tahun Ajaran selanjutnya
mushola dan asrama tersebut. Tidak hanya santri putra saja, tetapi santri putri pun ikut ambil alih dalam proses pembangunan tersebut.  Karena semua santri selalu mendapat bimbingan dari pengasuh pondok yaitu KH.M Nur Aziz, beliau selalu memberikan motifasi. Bahwasanya kita semua harus mempunyai amal jariyah. Maka dari itu semua santri ikut berpartisipasi dalam pembangunan tersebut.

: